Jadilah Sebagaimana Isim Mabni

Copas dari sumber

Teringat ketika dauroh Bahasa arab di jogja untuk kitab Mulaakhos Qowaa’id Al Lughoh Al ‘Arobiyyah sekitar tahun 2011 awwal (atau 2010 akhir ya??? lupa) ketika pembahasan sampai pada Isim isim yang Mur’ob dan Mabni[1].

ada filosofi menarik yang disebutkan oleh Ustadz ketika itu, yang kira2 intinya (redaksi yang disampaikan mungkin berbeda)

Jadilah sebagaimana isim isim mabni yang berjumlah sedikit,
yang tetap teguh tak berubah oleh keadaan

Jangan menjadi seperti isim isim yang mu’rob, mereka besar
namun tidak istiqomah..

Semoga kita menjadi golongan yang sedikit itu, dan bisa tetap istiqomah apapun keadaannya. Ketika berbahagia maupun ketika bersedih, ketika bersendirian atau berjama’ah, ketika terasing atau pun saat berkumpul dengan orang orang sholeh, ketika ‘disini’ maupun ‘disana’.. Amin

Samarinda, 24 Januari 2012; 01.15 AM;

tidak bisa tidur..

====================================================

[1]Isim mu’rob, yaitu Isim yang berubah harokat akhir katanya mengikuti keadaannya; rofa‘ atau nashob atau khofd. Jadi isim ini akan berubah2 akhir kalimatnya (harokat atau hurufnya) tergantung keadaan. misalnya jika keadaan rofa‘ dia Rojulun, jika keadaan nashob dia Rojulan, atau ketika kemasukan huruf jar dia menjadi Rojulin

sedangkan

Isim mabni, yaitu Isim yang tetap harokat akhirnya dalam satu keadaan, baik dalam keadaan rofa’, nashob maupun khofd, maka harokat akhirnya tetap. Tidak berubah. Contoh isim yang mabni adalah Dhomir. kata ‘Ana (أنا) akan tetap menjadi ‘ana, tidak akan menjadi ani atau anu dalam keadaan rofa’ nashob maupun jarr.

Jumlah isim isim yang mabni ini hanya sedikit. Sehingga untuk tahu mana isim mabni mana isim mu’rob, cukup hafal yang sedikit; maka selainnya adalah isim mu’rob.

Posted on Maret 29, 2012, in Mutiara Hikmah and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: